ASSALAMUALAIKUM... SELAMAT DATANG... BLOG PEMUDA MUHAMMADIYAH GONDOMANAN :)

Muktamar Muhammadiyah 47

Sukseskan Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar | 18-22 Syawal 1436 H / 3-7 Agustus 2015 | "Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan"

Jangan Jadikan Muhammadiyah Sebagai Tangga Untuk Meloncat

>> Rabu, 30 Maret 2011


Pemilu atau Pemilu merupakan ajang pesta demokrasi 5 tahunan warga Indonesia. Tidak sedikit caleg ataupun calon Bupati, Walikota, Gubernur yang berlomba-lomba untuk meraih dukungan. Termasuk dukungan dari kader Muhammadiyah. Mereka yang selama ini tida aktif di Muhammadiyah, langsung ingin aktif agar mendapatkan simpati dan dukungan warga Muhammadiyah. Mereka mendekati pengurus di PWM, PDM, PCM sampai ke PRM dan juga tentu saja mendekati kader AMM.

Jangan Jadikan Muhammadiyah Sebagai Tangga Untuk Meloncat (Syafii Maarif)

Muktamar ke-38 Muhammadiyah, 1971 di Makassar, memutuskan bahwa Muhammadiyah menjaga jarak yang sama dengan semua partai politik. Hingga kini, "Khitah Makassar" ini belum mengalami perubahan.

Khitah Muhammadiyah sudah sangat jelas menegaskan Muhammadiyah bukanlah organisasi Politik. Sudah ada jauh sebelum Khitah Ponorogo lahir. Sejak kelahirannya (1912) Muhammadiyah telah menetapkan diri sebagai organisasi kemasyarakatan (persyarikatan), bukan organisasi politik. Dalam Sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 1939 ditegaskan bahwa politik merupakan hal yang penting, tetapi tidak menjadi bidang garap Muhammadiyah.

Warga persyarikatan seharusnya menjaga independensi Muhammadiyah. Pilkada dan Pemilu menjadikan sebagian kader "tergiur" untuk ikut terlibat dan membawa Muhammadiyah. Muhammadiyah yang telah berusia 1 Abad lebih dalam sejarahnya yang panjang itu, Muhammadiyah sama sekali tidak pernah dibesarkan oleh parpol mana pun.

“Politisasi Muhammadiyah”, Muhammadiyah hanya jadi objek, alat, dan justifikasi agar politisi memperoleh kekuasaan di level tertentu. Politik yang diimajinasikan Muhammadiyah bukan sekadar agar seseorang yang membawa nama Muhammadiyah meraih kekuasaan. Ini tentu saja justru merugikan Muhammadiyah itu sendiri.

0 komentar:

Contact PCPM GM

Blog : http://pcpmgondomanan.blogspot.com/
Email : pcpm.gondomanan@gmail.com
YM : pcpm_godomanan
G Talk : pcpm.gondomanan
Account Facebook : pcpm gondomanan
Group Facebook : pemuda muhammadiyah gondomanan
Twitter : @pcpm_gondomanan

pcpm gm

Sekretariat Komplek Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta 55122

  © Copyright by Pemuda Muhammadiyah Gondomanan Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP